رِسَالَةُ أَهْلِ السُّنَّةِ
وَالْجَمَاعَةِ
( تَأْلِيْفُ
الشَّيْخِ مُحَمَّدْ هَاشِمْ أَشْعَرِي (1287-1366هـ
بِسْمِ اللهِ
الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ .اَلْحَمْدُ
للهِ شُكْرًا عَلَى نَوَالِهِ, وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى سَيِّدِنَا
مُحَمَّدٍ وَﺁلِهِ, وَبَعْدُ, فَهَذَا كِتَابٌ أَوْدَعْتُ
فِيْهِ شَيْئًا مِنْ حَدِيْثِ الْمَوْتَى وَأَشْرَاطِ السَّاعَةِ, وَشَيْئًا مِنَ
الْكَلَامِ عَلَى بَيَانِ السُّنَّةِ وَالْبِدْعَةِ, وَشَيْئًا مِنَ
الْأَحَادِيْثِ بِقَصْدِ النَّصِيْحَةِ, وَالَى اللهِ الْكَرِيْمِ أَمُدُّ اَكُفَّ
الْاِبْتِهَالِ, أَنْ يَنْفَعَ بِهِ نَفْسِيْ وَأَمْثَالِيْ مِنَ الْجُهَّالِ,
وَأَنْ يَجْعَلَ عَمَلِيْ خَالِصًا لِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ, إِنَّهُ جَوَادٌ
رَؤُوْفٌ رَحِيْمٌ, وَهَذَا أَوَانُ الشُّرُوْعِ فِي الْمَقْصُوْدِ, بِعَوْنِ
الْمَلِكِ الْمَعْبُوْدِ .
Bismillahirrahmanirrahim. Segala puji bagi Allah, sebagai
sebuah ungkapan rasa syukur atas segala anugerahNya. Rahmat ta’dzim
dan salam mudah-mudahan terlimpahcurahkan kepada junjungan kita
Nabi Muhammad Saw. dan seluruh keluarga beliau.
Apa yang akan hadir dalam kitab ini,
saya tuturkan beberapa hal antara lain: Hadits-hadits tentang orang-orang yang
mati, tanda-tanda hari kiamat, penjelasan tentang sunnah dan bid’ah dan
beberapa hadits yang berisi nasehat-nasehat agama.
Kepada Allah, Dzat Yang Maha Mulia
kutengadahkan telapak tangan, kuberdoa dengan sepenuh hati, kumohonkan
agar kitab ini memberikan manfaat untuk diri kami dan orang-orang bodoh semisal
kami. Mudah-mudahan Allah menjadikan amal kami sebagai amal shalih Liwajhillahil
Karim, karena Ia lah Dzat Yang Maha Pemurah, Maha Pengasih lagi Maha
Penyayang. Dengan segala pertolongan Allah Dzat yang disembah, penyusunan kitab
ini dimulai.
2. Pasal
Menjelaskan Tentang Sunnah dan Bid’ah
فَصْلٌ فِيْ بَيَانِ السُّنَّةِ
وَالْبِدْعَةِ
اَلسُّنَّةُ
بِالضَّمِّ وَالتَّشْدِيْدِ كَمَا قَالَ أَبُو الْبَقَاءِ فِيْ كُلِّيَّتِهِ :
لُغَةً اَلطَّرِيْقَةُ وَلَوْ غَيْرَ مَرْضِيَّةٍ. وَشَرْعًا اِسْمٌ
لِلطَّرِيْقَةِ الْمَرْضِيَّةِ الْمَسْلُوْكَةِ فِي الدِّيْنِ سَلَكَهَا
رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اَوْ غَيْرُهُ مِمَّنْ عُلِمَ فِي
الدِّيْنِ كَالصَّحَابَةِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمْ لِقَوْلِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ عَلَيْكُمْ بِسُنَّتِيْ وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ
الرَّاشِدِيْنَ مِنْ بَعْدِيْ. وَعُرْفًا مَا وَاظَبَ عَلَيْه مُقْتَدًى نَبِيًّا
كَانَ اَوْ وَلِيًّا. وَالسُّنِّيُّ مَنْسُوْبٌ اِلَى السُّنَّةِ حُذِفَ التَّاءُ
لِلنِّسْبَةِ.
Lafadz as-Sunnah dengan
dibaca dhammah sin-nya dan diiringi dengan tasydid, sebagaimana
dituturkan oleh Imam al-Baqa’ dalam kitab Kulliyat-nya secara etimologi
adalah thariqah (jalan), sekalipun yang tidak diridhai.
Menurut terminologi syara’ as-Sunnah
merupakan thariqah (jalan) yang diridhai dalam menempuh agama
sebagaimana yang telah ditempuh oleh Rasulullah Saw. atau selain beliau,
yakni mereka yang memiliki otoritas sebagai panutan di dalam masalah agama
seperti para sahabat Ra.
Hal ini didasarkan pada sabda Nabi
Saw.: “Tetaplah kalian untuk berpegang teguh pada sunnahku dan sunnahnya
Khulafaur Rasyidin setelahku.”
Sedangkan menurut terminologi ‘urf adalah
apa yang dipegangi secara konsisten oleh tokoh yang menjadi panutan, apakah ia
sebagai nabi ataupun wali. Adapun istilah as-Sunni merupakan bentuk
penisbatan dari lafadz as-Sunnah dengan membuang ta’ untuk
penisbatan.
وَالْبِدْعَةُ
كَمَا قَالَ الشَّيْخُ زَرُوْقٌ فِيْ عُدَّةِ الْمُرِيْدِ : شَرْعًا إِحْدَاثُ
اَمْرٍ فِي الدِّيْنِ يُشْبِهُ اَنْ يَكُوْنَ مِنْهُ وَلَيْسَ مِنْهُ سَوَاءٌ
كَانَ بِالصُّوْرَةِ اَوْ بِالْحَقِيْقَةِ. لِقَوْلِهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ أَحْدَثَ فِيْ اَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ
مِنْهُ فَهُوَ رَدٌّ. وَقَوْلِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :" وَكُلُّ مُحْدَثٍ بِدْعَةٌ "
Bid’ah sebagaimana dikatakan
oleh Syaikh Zaruq di dalam kitab ‘Iddat al-Murid menurut
terminologi syara’ adalah: “Menciptakan hal perkara baru dalam agama
seolah-olah ia merupakan bagian dari urusan agama, padahal sebenarnya bukan,
baik dalam tataran wacana, penggambaran maupun dalam hakikatnya.”
Hal ini didasarkan pada sabda Nabi
Saw.: “Barangsiapa menciptakan perkara baru didalam urusanku, padahal bukan
merupakan bagian daripadanya, maka hal itu ditolak.”
Dan sabda Nabi Saw.: “Dan segala
bentuk perkara yang baru adalah bid’ah.”
وَقَدْ
بَيَّنَ الْعُلَمَاءُ رَحِمَهُمُ اللهُ أَنَّ الْمَعْنَى فِي الْحَدِيْثَيْنِ
الْمَذْكُوْرَيْنِ رَاجِعٌ لِتَغْيِيْرِ الْحُكْمِ بِاعْتِقَادِ مَا لَيْسَ
بِقُرْبَةٍ قُرْبَةً لَا مُطْلَقِ الْإِحْدَاثِ, اِذْ قَدْ تَنَاوَلَتْهُ
الشَّرِيْعَةُ بِأُصُوْلِهَا فَيَكُوْنُ رَاجِعًا اِلَيْهَا اَوْ بِفُرُوْعِهَا
فَيَكُوْنُ مَقِيْسًا عَلَيْهَا.
Para ulama rahimahullaah menjelaskan
tentang esensi dari makna dua hadits tersebut di atas dikembalikan kepada
perubahan suatu hukum dengan mengukuhkan sesuatu yang sebenarnya bukan
merupakan ibadah tetapi diyakini sebagai konsepsi ibadah. Jadi bukanlah segala
bentuk pembaharuan yang bersifat umum. Karena kadang-kadang bisa jadi perkara
baru itu berlandaskan dasar-dasar syari’ah secara asal sehingga ia menjadi
bagian dari syari’at itu sendiri, atau berlandaskan furu’us syyari’ah sehingga
ia dapat dianalogikan kepada syari’at.
وَقَالَ
الْعَلَّامَةُ مُحَمَّدٌ وَلِيُّ الدِّيْنِ اَلشِّبْثِيْرِيُّ فِيْ شَرْحِ
الْأَرْبَعِيْنَ النَّوَوِيَّةِ عَلَى قَوْلِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
: مَنْ أَحْدَثَ حَدَثًا اَوْ آوَى مُحْدِثًا فَعَلَيْهِ لَعْنَةُ اللهِ
Al-‘Allamah Muhammad Waliyuddin
asy-Syibtsiri dalam Syarh al-Arba’in an-Nawawiyyah memberikan
komentar atas sebuah hadits Nabi Saw.: “Barangsiapa membuat persoalan baru
atau mengayomi seseorang yang membuat pembaharuan, maka ditimpakan kepadanya
laknat Allah.”
وَدَخَلَ فِي
الْحَدِيْثِ اَلْعُقُوْدُ الْفَاسِدَةُ, وَالْحُكْمُ مَعَ الْجَهْلِ وَالْجَوْرِ
وَنَحْوُ ذَلِكَ مِمَّا لَا يُوَافِقُ الشَّرْعَ. وَخَرَجَ عَنْهُ مَا لَا
يَخْرُجُ عَنْ دَلِيْلِ الشَّرْعِ كَالْمَسَائِلِ الْاِجْتِهَادِيَّةِ الَّتِيْ
لَيْسَ بَيْنَهَا وَبَيْنَ اَدِلَّتِهَا رَابِطٌ اِلَّا ظَنُّ الْمُجْتَهِدِ
وَكِتَابَةِ الْمُصْحَفِ وَتَحْرِيْرِ الْمَذَاهِبِ وَكُتُبِ النَّحْوِ
وَالْحِسَابِ .
Masuk dalam kerangka interpretasi
hadits ini yaitu berbagai bentuk akad-akad fasidah, menghukumi
dengan kebodohan dan ketidakadilan, dan lain-lain dari berbagai bentuk
penyimpangan terhadap ketentuan syara’.
Keluar dari bingkai pemahaman
terhadap hadits ini yakni segala hal yang tidak keluar dari dalil syara’
terutama yang berkaitan dengan masalah-masalah ijtihadiyah dimana
tidak terdapat korelasi yang tegas antara masalah-masalah tersebut dengan
dalil-dalilnya kecuali sebatas persangkaan mujtahid. Dan seperti menulis
Mushaf, mengintisarikan pendapat-pendapat imam madzhab, menyusun kitab
nahwu dan ilmu hisab.
وَلِذَا
قَسَّمَ ابْنُ عَبْدِ السَّلَامِ اَلْحَوَادِثَ اِلَى الْأَحْكَامِ
الْخَمْسَةِ فَقَالَ : اَلْبِدْعَةُ
فِعْلُ مَالَمْ يُعْهَدْ فِيْ عَصْرِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ وَاجِبَةً كَتَعَلُّمِ النَّحْوِ وَغَرِيْبِ الْكِتَابِ وَالسُّنَّةِ
مِمَّا يُتَوَقَّفُ فَهْمُ الشَّرِيْعَةِ عَلَيْهِ, وَمُحَرَّمَةً كَمَذْهَبِ
الْقَدَرِيَّةِ وَالْجَبَرِيَّةِ وَالْمُجَسِّمَةِ, وَمَنْدُوْبَةً كَإِحْدَاثِ
الرُّبُطِ وَالْمَدَارِسِ وَكُلِّ إِحْسَانٍ لَمْ يُعْهَدْ فِي الْعَصْرِ
الْأَوَّلِ, وَمَكْرُوْهَةً كَزُخْرُفَةِ الْمَسَاجِدِ وَتَزْوِيْقِ الْمَصَاحِفِ, وَمُبَاحَةً كَالْمُصَافَحَةِ عَقِبَ صَلَاةِ الصُّبْحِ
وَالْعَصْرِ وَالتَّوَسُّعِ فِي الْمَأْكَلِ وَالْمَشْرَبِ وَالْمَلْبَسِ وَغَيْرِ
ذَلِكَ .
Karena itulah Imam Ibnu Abdis Salam
membagi perkara-perkara yang baru itu ke dalam hukum-hukum yang lima. Beliau
berkata:
“Bid’ah
adalah mengerjakan sesuatu yang tidak pernah dikenal (terjadi) pada masa
Rasulullah Saw. (Bid’ah tersebut adakalanya):
1.
Bid’ah Wajibah: seperti mempelajari ilmu
nahwu dan mempelajari lafadz-lafadz yang gharib baik yang
terdapat di dalam al-Quran ataupun as-Sunnah, dimana pemahaman terhadap
syari’ah menjadi tertangguhkan pada sejauhmana seseorang dapat memahami
maknanya.
2.
Bid’ah Muharramah: seperti aliran Qadariyah,
Jabariyah dan Mujassimah.
3.
Bid’ah Mandubah: seperti memperbaharui sistem
pendidikan pondok pesantren dan madrasah-madrasah, juga segala bentuk kebaikan
yang tidak dikenal pada zaman generasi pertama Islam.
4.
Bid’ah Makruhah: seperti berlebih-lebihan menghiasai
masjid, menghiasi mushaf dan lain sebagainya.
5.
Bid’ah Mubahah: seperti bersalaman selesai shalat
Shubuh dan Ashar, membuat lebih dalam makanan dan minuman, pakaian dan
lain sebagainya.”
فَإِذَا
عَرَفْتَ مَا ذُكِرَ تَعْلَمُ اَنَّ مَا قِيْلَ : إِنَّهُ بِدْعَةٌ, كَاتِّخَاذِ
السُّبْحَةِ, وَالتَّلَفُّظِ بِالنِّيَّةِ, وَالتَّهْلِيْلِ عِنْدَ التَّصَدُّقِ
عَنِ الْمَيِّتِ مَعَ عَدَمِ الْمَانِعِ عَنْهُ, وَزِيَارَةِ الْقُبُوْرِ وَنَحْوِ
ذَلِكَ لَيْسَ بِبِدْعَةٍ
Setelah kita mengetahui apa yang
telah dituturkan di muka maka diketahui bahwa adanya klaim bahwa berikut ini
adalah bid’ah, seperti memakai tasbih, melafadzkan niat, membaca tahlil ketika
bersedekah setelah kematian dengan catatan tidak adanya perkara yang
mencegah untuk bersedekah tersebut, menziarahi makam dan lain-lain, maka
kesemuanya bukanlah merupakan bid’ah.
وَإِنَّ مَا
أُحْدِثَ مِنْ أَخْذِ أَمْوَالِ النَّاسِ بِالْأَسْوَاقِ اللَّيْلِيَّةِ,
وَاللَّعِبِ بِالْكُوْرَةِ وَغَيْرَ ذَلِكَ مِنْ شَرِّ الْبِدَعِ
Dan sesungguhnya perkara-perkara
baru seperti penghasilan manusia yang diperoleh dari pasar-pasar malam, bermain
undian pertunjukan gulat dan lain-lain adalah termasuk seburuk-buruknya bid’ah.
3. Pasal
Menjelaskan Penduduk Jawa Berpegang kepada Madzhab Ahlusunnah wal Jama’ah dan
Awal Kemunculan Bid’ah dan Meluasnya di Jawa serta Macam-macam Ahli Bid’ah di
Zaman ini
)فَصْلٌ فِيْ بَيَانِ تَمَسُّكِ أَهْلِ جَاوَى بِمَذْهَبِ أَهْلِ
السُّنَّةِ وَالْجَمَاعَةِ، وَبَيَانِ ابْتِدَاءِ ظُهُوْرِ الْبِدَعِ
وَانْتِشَارِهَا فِيْ أَرْضِ جَاوَى، وَبَيَانِ أَنْوَاعِ الْمُبْتَدِعِيْنَ فِيْ
هَذَا الزَّمَانِ(
قَدْ كَانَ
مُسْلِمُوا الْأَقْطَارِ الْجَاوِيَةِ فِي الْأَزْمَانِ السَّالِفَةِ الْخَالِيَةِ
مُتَّفِقِي الْآرَاءِ وَالْمَذْهَبِ وَمُتَّحِدِي الْمَأْخَذِ وَالْمَشْرَبِ،
فَكُلُّهُمْ فِي الْفِقْهِ عَلَى الْمَذْهَبِ النَّفِيْسِ مَذْهَبِ الْإِمَامِ
مُحَمَّدِ بْنِ إِدْرِيْسَ، وَفِيْ أُصُوْلِ الدِّيْنِ عَلَى مَذْهَبِ الْإِمَامِ
أَبِي الْحَسَنِ الْأَشَعَرِيِّ، وَفِي التَّصَوُّفِ عَلَى مَذْهَبِ الْإِمَامِ
الْغَزَالِيِّ وَالْإِمَامِ أَبِي الْحَسَنِ الشَّاذِلِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمْ
أَجْمَعِيْنَ
Umat Islam yang mendiami wilayah
Jawa sejak zaman dahulu telah bersepakat dan menyatu dalam pandangan
keagamaannya. Di bidang fiqh, mereka berpegang kepada madzhab Imam Syafi’i, di
bidang ushuluddin berpegang kepada madzhab Abu al-Hasan al-Asy’ari, dan di
bidang tasawwuf berpegang kepada madzhab Abu Hamid al-Ghazali dan Abu al-Hasan
asy-Syadzili, semoga Allah meridhai mereka semua.
ثُمَّ
إِنَّهُ حَدَثَ فِيْ عَامِ اَلْفٍ وَثَلَاثِمِائَةٍ وَثَلَاثِيْنَ أَحْزَابٌ
مُتَنَوِّعَةٌ وَآرَاءٌ مُتَدَافِعَةٌ وَأَقْوَالٌ مُتَضَارِبَةٌ، وَرِجَالٌ
مُتَجَاذِبَةٌ، فَمِنْهُمْ سَلَفِيُّوْنَ قَائِمُوْنَ عَلَى مَا عَلَيْهِ
أَسْلَافُهُمْ مِنَ التَّمَذْهُبِ بِالْمَذْهَبِ الْمُعَيَّنِ وَالتَّمَسُّكِ
بِالْكُتُبِ الْمُعْتَبَرَةِ الْمُتَدَاوِلَةِ، وَمَحَبَّةِ أَهْلِ الْبَيْتِ
وَالْأَوْلِيَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ، وَالتَّبَرُّكِ بِهِمْ أَحْيَاءً
وَأَمْوَاتًا، وَزِيَارَةِ
الْقُبُوْرِ وَتَلْقِيْنِ الْمَيِّتِ وَالصَّدَقَةِ عَنْهُ وَاعْتِقَادِ
الشَّفَاعَةِ وَنَفْعِ الدُّعَاءِ وَالتَّوَسُّلِ وَغَيْرِ ذَلِكَ.
Kemudian pada tahun 1330 H
timbul berbagai pendapat yang saling bertentangan, isu yang bertebaran
dan pertikaian di kalangan para pemimpin. Diantara mereka ada yang berafiliasi
pada kelompok Salafiyyin yang memegang teguh tradisi para tokoh pendahulu.
Mereka bermadzhab kepada satu madzhab tertentu dan berpegang teguh kitab-kitab
mu’tabar, kecintaan terhadap Ahlul Bait Nabi, para wali dan orang-orang salih.
Selain itu juga tabarruk dengan mereka baik ketika masih hidup atau setelah
wafat, ziarah kubur, mentalqin mayit, bersedekah untuk mayit, meyakini syafaat,
manfaat doa dan tawassul serta lain sebagainya.
وَمِنْهُمْ
فِرْقَةٌ يَتَّبِعُوْنَ رَأْيَ مُحَمَّدْ عَبْدُهْ وَرَشِيدْ رِضَا ،
وَيَأْخُذُوْنَ مِنْ بِدْعَةِ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الْوَهَّابِ النَّجْدِيْ ،
وَأَحْمَدَ بْنِ تَيْمِيَّةَ وَتِلْمِيْذَيْهِ ابْنِ الْقَيِّمِ وَعَبْدِ
الْهَادِيْ
Diantara mereka (sekte yang muncul
pada kisaran tahun 1330 H.), terdapat juga kelompok yang mengikuti pemikiran
Muhammad Abduh dan Rasyid Ridha. Mereka melaksanakan kebid’ahan Muhammad bin
Abdul Wahhab an-Najdi, Ahmad bin Taimiyah serta kedua muridnya, Ibnul
Qoyyim dan Abdul Hadi.
فَحَرَّمُوْا
مَا أَجْمَعَ الْمُسْلِمُوْنَ عَلَى نَدْبِهِ ، وَهُوَ السَّفَرُ لِزِيَارَةِ
قَبْرِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَخَالَفُوْهُمْ فِيْمَا
ذُكِرَ وَغَيْرِهِ
Mereka mengharamkan hal-hal yang
telah disepakati oleh orang-orang Islam sebagai sebuah kesunnahan, yaitu
bepergian untuk menziarahi makam Rasulullah Saw. serta berselisih dalam
kesepakatan-kesepakatan lainnya.
قَالَ ابْنُ
تَيْمِيَّةَ فِيْ فَتَاوِيْهِ : وَإِذَا سَافَرَ لِاعْتِقَادِ أَنَّها أَيْ
زِيَارَةَ قَبْرِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ طَاعَةٌ ، كَانَ
ذَلِكَ مُحَرَّمًا بِإِجْمَاعِ الْمُسْلِمِيْنَ ، فَصَارَ التَّحْرِيْمُ مِنَ
الْأَمْرِ الْمَقْطُوْعِ بِهِ
Ibnu Taimiyah menyatakan dalam Fatawa-nya: “Jika
seseorang bepergian dengan berkeyakinan bahwasanya mengunjungi makam Nabi
Saw. sebagai sebuah bentuk ketaatan, maka perbuatan tersebut
hukumnya haram dengan disepakati oleh umat Muslim. Maka keharaman
tersebut termasuk perkara yang harus ditinggalkan.”
قَالَ
الْعَلَّامَةُ الشَّيْخُ مُحَمَّدْ بَخِيتْ اَلْحَنَفِيُّ اَلْمُطِيْعِيُّ فِيْ
رِسَالَتِهِ اَلْمُسَمَّاةِ تَطْهِيْرَ الْفُؤَادِ مِنْ دَنَسِ الْإِعْتِقَادِ :
وَهَذَا الْفَرِيْقُ قَدْ اُبْتُلِيَ الْمُسْلِمُوْنَ بِكَثِيْرٍ مِنْهُمْ سَلَفًا
وَخَلَفًا ، فَكَانُوْا وَصْمَةً وَثُلْمَةً فِي الْمُسْلِمِيْنَ وَعُضْوًا
فَاسِدًا
Al-‘Allamah Syaikh Muhammad
Bakhit al-Hanafi al-Muth’i menyatakan dalam kitabnya Thathhir al-Fuad
min Danas al-I’tiqad (Pembersihan Hati dari Kotoran Keyakinan) bahwa: “Kelompok
ini sungguh menjadi cobaan berat bagi umat Muslim, baik salaf maupun khalaf.
Mereka adalah duri dalam daging (musuh dalam selimut) yang hanya merusak
keutuhan Islam.”
يَجِبُ
قَطْعُهُ حَتَّى لَا يُعْدِى الْبَاقِيَ ، فَهُوَ كَالْمَجْذُوْمِ يَجِبُ
الْفِرَارُ مِنْهُمْ ، فَإِنَّهُمْ فَرِيْقٌ يَلْعَبُوْنَ بِدِيْنِهِمْ
يَذُمُّوْنَ الْعُلَمَاءَ سَلَفًا وَخَلَفًا
Maka wajib menanggalkan/menjauhi
(penyebaran) ajaran mereka agar yang lain tidak tertular. Mereka laksana
penyandang lepra yang mesti dijauhi. Mereka adalah kelompok yang mempermainkan
agama mereka. Hanya bisa menghina para ulama, baik salaf maupun khalaf.
وَيَقُوْلُوْنَ
: إِنَّهُمْ غَيْرُ مَعْصُوْمِيْنَ فَلَا يَنْبَغِيْ تَقْلِيْدُهُمْ ، لَا فَرْقَ
فِيْ ذَلِكَ بَيْنَ الْأَحْيَاءِ
وَالْأَمْوَاتِ يَطْعَنُوْنَ عَلَيْهِمْ وَيُلْقُوْنَ الشُّبَهَاتِ، وَيَذُرُّوْنَهَا فِيْ عُيُوْنِ
بَصَائِرِ الضُّعَفَاءِ ، لِتَعْمَى أَبْصَارُهُمْ عَنْ عُيُوْبِ هَؤُلَاءِ
Mereka menyatakan: “Para ulama
bukanlah orang-orang yang terbebas dari dosa, maka tidaklah layak mengikuti
mereka, baik yang masih hidup maupun yang telah meninggal.”
Mereka menyebarkan
(pandangan/asumsi) ini pada orang-orang bodoh agar tidak dapat mendeteksi
kebodohan mereka.
وَيَقْصِدُوْنَ
بِذَلِكَ إِلْقَاءَ الْعَدَاوَةِ وَالْبَغْضَاءِ ، بِحُلُوْلِهِمْ اَلْجَوَّ
وَيَسْعَوْنَ فِي الْأَرْضِ فَسَادًا ، يَقُوْلُوْنَ عَلَى اللهِ الْكَذِبَ وَهُمْ
يَعْلَمُوْنَ ، يَزْعُمُوْنً أَنَّهُمْ قَائِمُوْنَ بِالْأَمْرِ بِالْمَعْرُوْفِ
وَالنَّهْيِ عَنِ الْمُنْكَرِ ، حَاضُّوْنَ النَّاسَ عَلَى اتِّبَاعِ الشَّرْعِ
وَاجْتِنَابِ الْبِدَعِ ، وَاللهُ يَشْهَدُ إِنَّهُمْ لَكَاذِبُوْنَ .
Maksud dari propaganda ini adalah
munculnya permusuhan dan kericuhan. Dengan penguasaan atas jaringan teknologi,
mereka membuat kerusakan di muka bumi. Mereka menyebarkan kebohongan mengenai
Allah, padahal mereka menyadari kebohongan tersebut. Menganggap dirinya
melaksanakan amar makruf nahi munkar, merecoki masyarakat dengan mengajak untuk
mengikuti ajaran-ajaran syariat dan menjauhi kebid’ahan. Padahal Allah Maha
Mengetahui, bahwa mereka berbohong.
4. Pasal
Menjelaskan tentang Khitthah Ajaran Salaf Shaleh dan Menjelaskan yang
Dikehendaki “As-Sawadul A’dzam” di Era ini serta
Menjelaskan Pentingnya Berpegang Teguh pada Salah Satu Madzhab yang Empat
)فَصْلٌ فِيْ بَيَانِ خِطَّةِ
السَّلَفِ الصَّالِحِ، وَبَيَانِ الْمُرَادِ بِالسَّوَادِ الْأَعْظَمِ فِيْ هَذَا الْحِيْنِ، وَبَيَانِ
أَهَمِّيَّةِ الْإِعْتِمَادِ بِأَحَدِ الْمَذَاهِبِ الْأَرْبَعَةِ(
إِذَا
فَهِمْتَ مَا ذُكِرَ عَلِمْتَ أَنَّ الْحَقَّ مَعَ السَّلَفِيِّيْنَ الَّذِيْنَ
كَانُوْا عَلَى خِطَّةِ السَّلَفِ الصَّالِحِ، فَإِنَّهُمْ اَلسَّوَادُ
الْأَعْظَمُ، وَهُمْ اَلْمُوَافِقُوْنَ عُلَمَاءَ الْحَرَمَيْنِ الشَّرِيْفَيْنِ وَعُلَمَاءِ
الْأَزْهَرِ الشَّرِيْفِ اَلَّذِيْنَ هُمْ قُدْوَةُ رَهْطِ أَهْلِ الْحَقِّ
وَفِيْهِمْ عُلَمَاءُ لَا يُمْكِنُ اِسْتِقْصَاءُ جَمِيْعِهِمْ مِنْ
اِنْتِشَارِهِمْ فِي الْأَقْطَارِ وَالْآفَاقَ كَمَا لَا يُمْكِنُ إِحْصَاءُ
نُجُوْمِ السَّمَاءَ.
Dengan pemahaman di atas, diketahui
bahwa sesungguhnya kebenaran yang haqiqi itu berpihak pada kalangan Salafiyyin generasi
terdahulu yang berpijak pada khitthah Salaf Shaleh. Merekalah as-Sawadul
A’dzam. Mereka menyepakati konsepsi-konsepsi agama
yang ditetapkan oleh ulama-ulama Haramain Syarifain (Makkah
dan Madinah) dan ulama-ulama al-Azhar yang mulia. Kesemuanya adalah menjadi
panutan kelompok Ahlul Haq. Di sana banyak ulama yang tidak bisa
dihitung berapa jumlahnya, karena menyebarnya tempat domisili mereka di
berbagai daerah, sebagaimana tidak dapat bintang-bintang di langit.
وَقَدْ قَالَ
رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِنَّ اللهَ تَعَالَى لَا
يَجْمَعُ أُمَّتِيْ عَلَى ضَلَالَةٍ، وَيَدُ اللهِ عَلَى الْجَمَاعَةِ، مَنْ شَذَّ
شَذَّ إِلَى النَّارِ رَوَاهُ
التِّرْمِذِيُّ. زَادَ ابْنُ مَاجَهْ: فَإذَا وَقَعَ الإِخْتِلاَفُ فَعَلَيْكَ
بِالسَّوَادِ الأَعْظَمِ مَعَ
الْحَقِّ وَأَهْلِهِ. وَفِي الْجَامِعِ الصَّغِيْرِ: إِنَّ اللهَ تَعَالَى قَدْ
أَجَارَ أُمَّتِيْ أَنْ تَجْتَمِعَ عَلَى ضَلَالَة
Rasulullah Saw. bersabda: “Sesungguhnya
Allah tidak akan menghimpun umatku di atas kesesatan. Dan Yad Allah di atas
al-Jama’ah.” (HR. at-Tirmidzi). Ibn Majah menambahkan
(riwayat): “Maka jika terjadi perselisihan, berpeganglah pada
as-Sawadul A’dzam yaitu al-haq dan ahlul haq.”
Di dalam kitab al-Jami’
ash-Shaghir disebutkan: “Sesungguhnya Allah menyelamatkan umatku dari
bersepakat atas perbuatan sesat.”
وَأَكْثَرُهُمْ
أَهْلُ الْمَذَاهِبِ الْأَرْبَعَةِ، فَكَانَ الْإِمَامُ الْبُخَارِيُّ
شَافِعِيًّا، أَخَذَ عَنِ الْحُمَيْدِيِّ وَالزَّعْفَرَانِيِّ
وَالْكَرَابِيْسِيِّ. وَكَذَلِكَ ابْنُ خُزَيْمَةَ وَالنَّسَائِيُّ .وَكَانَ الْإِمَامُ الْجُنِيْدُ ثَوْرِيًّا،
وَالشِّبْلِيُّ مَالِكِيًّا، وَالْمُحَاسِبِيُّ شَافِعِيًّا، وَالْجَرَيْرِيُّ
حَنَفِيًّا، وَالْجِيْلَانِيُّ حَنْبَلِيًّا، وَالشَّاذِلِيُّ مَالِكِيًّا .
Mayoritas dari mereka adalah
pengikut al-Madzahib al-Arba’ah (madzhab yang empat). Imam Bukhari
adalah bermadzhab Syafi’i. Beliau mengambil dari Imam Humaidi, az -Za’farani
dan Karabi’isi. Demikian juga Imam Ibnu Khuzaimah dan Imam Nasa’i.
Imam Junaid adalah pengikut Imam
Tsauri, Imam Syibli adalah pengikut madzhab Maliki, Imam Muhasibi adalah pengikut
madzhab Syafi’i, Imam al-Jariry merupakan penganut Imam Abu Hanifah (Hanafi),
Syaikh Abdul Qadir al-Jailani bermadzhab Hanbali dan Imam Abu al-Hasan
asy-Syadzili pengikut madzhab Maliki.
فَالتَّقَيُّدُ
بِمَذْهَبٍ مُعَيَّنٍ أَجْمَعُ لِلْحَقِيْقَةِ، وَأَقْرَبُ لِلتَّبَصُّرِ،
وَأَدْعَى لِلتَّحْقِيْقِ، وَأَسْهَلُ تَنَاوُلًا. وَعَلَى هَذَا دَرَّجَ
اَلْأَسْلَافُ الصَّالِحُوْنَ، وَالشُّيُوْخُ الْمَاضُوْنَ رِضْوَانُ اللهِ
تَعَالَى عَلَيْهِمْ أَجْمَعِيْنَ.
Maka dengan mengikuti satu madzhab
tertentu akan lebih dapat terfokus pada satu nilai kebenaran yang haqiqi, lebih
dapat memahami secara mendalam dan akan lebih memudahkan dalam
mengimplementasikan amalan. Dengan menentukan pada satu pilihan madzhab inilah
berarti ia telah pula melakukan jalan yang juga ditempuh oleh salafunas
shalih. Mudah-mudahan keridhaan Allah terlimpahcurahkan pada mereka semua.
فَنَحْنُ
نَحُضُّ إِخْوَانَنَا عَوَامَّ الْمُسْلِمِيْنَ أَنْ يَتَّقُوْا اللهَ حَقَّ
تُقَاتِهِ، وَأَنْ لَا يَمُوْتُوْا إِلَّا وَهُمْ مُسْلِمُوْنَ، وَأَنْ يُصْلِحُوْا
ذَاتَ الْبَيْنِ مِنْهُمْ، وَأَنْ يَصِلُو الْأَرْحَامَ، وَأَنْ يُحْسِنُوْا إِلَى
الْجِيْرَانِ وَالْأَقَارِبِ وَالْإِخْوَانِ، وَأَنْ يَعْرِفُوْا حَقَّ
الْأَكَابِرِ، وَأَنْ يَرْحَمُوْا الضُّعَفَاءَ وَالْأصَاغِرَ وَنَنْهَاهُمْ عَنِ
التَّدَابُرِ وَالتَّبَاغُضِ وَالتَّقَاطُعِ وَالتَّحَاسُدِ وَالْإفْتِرَاقِ
وَالتَّلَوُّنِ فِي الدِّيْنِ،
Kami menghimbau kepada kawan-kawan
kami, orang awam dari mayoritas kaum Muslimin agar senantiasa bertakwa kepada
Allah dengan sebenar-benarnya takwa. Dan senantiasa berharap agar tidak
meninggalkan dunia yang fana ini kecuali sebagai orang Islam.
Dan agar melakukan rekonsiliasi
dengan orang yang berselisih antara mereka, merekatkan tali
persaudaraan, bersikap dan berperilaku baik terhadap semua tetangga, kerabat
dan seluruh teman, dapat memahami dan melaksanakan hak-hak para pemimpin,
bersikap santun dan belas kasihan terhadap kaum dhu’afa dan kalangan wong
cilik.
Kita berusaha mencegah mereka dari
segala bentuk permusuhan, saling benci-membenci, memutuskan hubungan, hasut-menghasut,
sekterianisme dan membentuk sekte-sekte baru yang mengkotak-kotakkan agama.
وَنَحُثُّهُمْ
أَنْ يَكُوْنُوْا إِخْوَانًا، وَعَلَى الْخَيْرِ أَعْوَانًا، وَأَنْ يَعْتَصِمُوْا
بِحَبْلِ اللهِ جَمِيْعًا، وَأَنْ لَا يَتَفَرَّقُوْا، وَأَنْ يَتَّبِعُوا
الْكِتَابَ وَالسُّنَّةَ وَمَا كَانَ عَلَيْهِ عُلَمَاءُ الْأُمَّةِ كَالْإِمَامِ
أَبِيْ حَنِيْفَةَ وَمَالِكِ بْنِ أَنَسٍ وَالشَّافِعِيِّ وَأَحْمَدَ بْنِ
حَنْبَلٍ رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُمْ أَجْمَعِيْنَ، فَهُمْ اَلَّذِيْنَ قَدْ
اِنْعَقَدَ الْإِجْمَاعُ عَلَى امْتِنَاعِ الْخُرُوْجِ عَنْ مَذَاهِبِهِمْ،
Kami menghimbau pada mereka semua
untuk bersatu, bersahabat, tolong-menolong dalam kebaikan, berpegang teguh pada
agama Allah yang kokoh dan menghindari perpecahan. Hendaknya tetap eksis
berpedoman pada al-Kitab dan as-Sunnah, dan apa saja yang menjadi tuntunan para
ulama panutan umat semisal Imam Abu Hanifah, Imam Malik bin Anas, Imam
Syafi’i dan Imam Ahmad bin Hanbal radhiyallaahu ‘anhum. Ijma’ menetapkan
larangan keluar dari madzhab-madzhab mereka.
وَأَنْ يُعْرِضُوْا
عَمَّا أُحْدِثَ مِنَ الْجَمْعِيَّةِ الْمُخَالِفَةِ لِمَا عَلَيْهِ الْأَسْلَافُ
الصَّالِحُوْنَ، فَقَدْ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ شَذَّ شَذَّ إِلىَ النَّارِ
Hendaknya mereka juga
berpaling dari segenap bentuk organisasi-organisasi baru yang bertentangan
dengan prinsip-prinsip dasar yang dibangun oleh Salafus Shalih.
Rasulullah Saw.: “Barangsiapa memisahkan diri (dari mayoritas) maka ia akan
terpisah di neraka.”
وَأَنْ
يَكُوْنُوْا مَعَ الْجَمَاعَةِ الَّتِيْ عَلَى طَرِيْقَةِ الْأَسْلَافِ
الصَّالِحِيْنَ، فَقَدْ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
{وَأَنَا آمُرُكُمْ بِخَمْسٍ أَمَرَنِيَ اللهُ بِهِنَّ: اَلسّمْعِ وَالطَاعَةِ
وَالْجِهَادِ وَالْهِجْرَةِ وَالْجَمَاعَةِ، فَإِنَّ مَنْ فَارَقَ الْجَمَاعَةَ قِيْدَ
شِبْرٍ، فَقَدْ خَلَعَ رِبْقَةَ الْإِسْلاَمِ مِنْ عُنُقِهِ}، وَقَالَ عُمَرُ بْنُ
الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ: {عَلَيْكُمْ بِالْجَماعَةِ، وَإِيَّاكُمْ
وَالْفُرْقَةَ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ مَعَ الْوَاحِدِ وَهُوَ مَعَ الْاِثْنَيْنِ
أَبْعَدُ. وَمَنْ أَرَادَ بُحْبُوْبَةَ الْجَنّةِ فَلْيَلْزَمِ الْجَماعَةَ{.
Untuk itu hendaknya mereka tetap
konsisten memegangi al-Jama’ah ‘ala Thariqah as-Salaf ash-Shalihin.
Rasulullah Saw. bersabda: “Aku perintahkan pada kalian semua untuk
melaksanakan lima hal, dimana Allah telah memerintahkan hal itu padaku, yakni
bersedia untuk mendengarkan, taat dan siap untuk berjihad, melakukan hijrah dan
bergabung masuk dalam bingkai al-Jama’ah. Sesungguhnya seseorang yang berpisah
dari jamaah walaupun hanya sejengkal, berarti sungguh ia telah melepaskan
ikatan tali keislamannya dari lehernya.”
Sayyidina Umar bin Khatthab Ra.
berkata: “Berpegangteguhlah kalian semua pada al-Jama’ah. Hindarkan diri
kalian dari segala bentuk perpecahan. Karena sesungguhnya setan ketika
menyertai anda seorang diri saja, maka dengan sangat mudah ia menaklukkannya
dibanding ketika ia menyertai dua orang yang bersekutu. Barangsiapa bermaksud
dan ingin mendapat kenikmatan hidup di dalam surga maka tetaplah bersama
al-Jama’ah.”
5. Pasal Menjelaskan Wajibnya Taqlid bagi Orang yang
Tidak Memiliki Keahlian untuk Berijithad
)فَصْلٌ فِيْ
بَيَانِ وُجُوْبِ التَّقْلِيْدِ لِمَنْ لَيْسَ لَهْ أَهْلِيَّةُ الْإِجْتِهَادِ(
يَجِبُ
عِنْدَ جُمْهُوْرِ الْعُلَمَاءِ الْمُحَقِّقِيْنَ عَلَى كُلِّ مَنْ لَيْسَ لَهُ
أَهْلِيَّةُ الْإِجْتِهَادِ الْمُطْلَقِ،
وَإِنْ كَانَ قَدْ حَصَلَ بَعْضُ الْعُلُوْمِ الْمُعْتَبَرَةِ فِي الْإِجْتِهَادِ
تَقْلِيْدُ قَوْلِ الْمُجْتَهِدِيْنَ وَالْأَخْذُ بِفَتْوَاهُمْ لِيَخْرُجَ عَنْ
عُهْدَةِ التَّكْلِيْفِ بِتَقْلِيْدِ أَيِّهِمْ شَاءَ لِقَوْلِهِ تَعَالَى:
{فَاسْأَلوْا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ {فَأَوْجَبَ السُّؤَالَ عَلَى مَنْ لَمْ يَعْلَمْ ذَلِكَ،
وَذَلِكَ تَقْلِيْدٌ لِعَالِمٍ، وَهُوَ عَامٌّ لِكُلِّ الْمُخَاطَبِيْنَ،
Menurut pandangan jumhur ulama,
setiap orang yang tidak memiliki keahlian untuk sampai pada tingkat kemampuan
sebagai mujtahid mutlak, sekalipun ia telah mampu menguasai beberapa cabang
keilmuan yang dipersyaratkan di dalam melakukan ijtihad, maka wajib baginya
untuk mengikuti (taqlid) pada satu qaul dari para imam mujtahid dan
mengambil fatwa mereka agar ia dapat keluar dan terbebaskan dari ikatan beban (taklif)
yang mewajibkannya untuk mengikuti siapa saja yang ia kehendaki dari salah satu
imam mujtahid. Sebagaimana difirmankan oleh Allah Ta’ala: “Maka bertanyalah
kalian semua kepada ahli ilmu jika kalian semua tidak mengetahui.”
Allah mewajibkan bertanya bagi orang
yang tidak mengetahui. Nah bertanya itu merupakan perwujudan sikap taqlid
seseorang kepada orang yang alim. Firman Allah ini berlaku secara umum untuk
semua golongan yang dikhithabi (obyek sasaran perintah).
وَيَجِبُ
أَنْ يَكُوْنَ عَامًّا فِي السُّؤَالِ عَنْ كُلِّ مَا لَا يُعْلَمُ لِلْإِجْمَاعِ
عَلَى أَنَّ الْعَامَّةَ لَمْ تَزَلْ فِيْ زَمَنِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ
وَكُلِّ حُدُوْثِ الْمُخَالِفِيْنَ يَسْتَفْتُوْنَ الْمُجْتَهِدِيْنَ
وَيَتَّبِعُوْنَهُمْ فِي الْأَحْكَامِ الشَّرْعِيَّةِ وَالْعُلَمَاءَ، فَإِنَّهُمْ
يُبَادِرُوْنَ إِلَى إِجَابَةِ سُؤَالِهِمْ مِنْ غَيْرِ إِشَارَةٍ إِلَى ذِكْرِ
الدَّلِيْلِ، وَلَا يَنْهَوْنَهُمْ عَنْ ذَلِكَ مِنْ غَيْرِ نَكِيْرٍ، فَكَانَ
إِجْمَاعًا عَلَى اتِّبَاعِ الْعَامِّيِّ لِلْمُجْتَهِدِ،
Secara umum pula, firman Allah ini
mewajibkan kita untuk bertanya dan mempertanyakan segala sesuatu yang tidak
kita ketahui, sesuai dengan kesepakatan/konsensus jumhurul ‘ulama.
Karena sesungguhnya orang yang beridentitas awam itu pasti ada sejak zaman
generasi sahabat, tabi’in dan hingga zaman setelahnya. Mereka wajib meminta
fatwa kepada para mujtahid dan mengikuti fatwa-fatwa mereka dalam hukum-hukum
syari’ah dan mengimplementasikannya sesuai dengan petunjuk ulama.
Karena sesungguhnya para mujtahid
dan ulama bersegera menjawab pertanyaan mereka tanpa memberi isyarah untuk
menuturkan dalil. Para mujtahid dan ulama tidak melarang orang awam minta
fatwa tanpa ada pengingkaran. Kondisi yang sedemikianlah yang lantas disepakati
adanya kewajiban bagi orang awam untuk mengikuti pendapat seorang mujtahid.
وَلِأَنَّ
فَهْمَ الْعَامِّيِّ مِنَ الْكِتَابِ وَالسُّنَّةِ سَاقِطٌ عَنْ حَيْزِ
الْإِعْتِبَارِ، إِنْ لَمْ يُوَافِقْ أَفْهَامَ عُلَمَاءِ أَهْلِ الْحَقِّ
الْأَكَابِرِ الْأَخْيَارِ
Dan orang awam itu tidak
memiliki kemampuan dan otoritas untuk memahami al-Kitab dan as-Sunnah dan
tentunya pemahamannya tidaklah dapat diterima jika tidak cocok dengan pemahaman
ulama ahlul haq yang agung dan terpilih.
فَإِنَّ
كُلَّ مُبْتَدِعٍ وَضَالٍّ يَفْهَمُ أَحْكَامَهُ الْبَاطِلَةَ مِنَ الْكِتَابِ
وَالسُّنَّةِ وَيَأْخُذُ مِنْهُمَا وَالْحَالُ أَنَّهُ لَا يُغْنِيْ مِنَ الْحَقِّ
شَيْئًا.
Karena sesungguhnya orang yang ahli
bid’ah dan orang yang sesat, mereka memahami hukum-hukum secara bathil dari
al-Kitab dan as-Sunnah. Pada kenyataannya apapun yang diambil oleh ahli bid’ah
tidaklah dapat dipegangi sebagai kebenaran.
وَلَا يَجِبُ
عَلَى الْعَامِّيِّ إِلْتِزَامُ مَذْهَبٍ فِيْ كُلِّ حَادِثَةٍ، وَلَوْ اِلْتَزَمَ
مَذْهَبًا مُعَيَّنًا كَمَذْهَبِ الشَّافِعِيِّ رَحِمَهُ اللهُ تَعَالَى لَا
يَجِبُ عَلِيْهِ الْإِسْتِمْرَارُ، بَلْ يَجُوْزُ لَهُ الْإِنْتِقَالُ إِلَى
غَيْرِ مَذْهَبِهِ.
Bagi orang awam tidak diwajibkan
untuk tetap konsisten mengikuti satu madzhab saja dalam menyikapi setiap
masalah baru yang muncul. Walaupun ia telah menetapkan untuk mengikuti satu
madzhab tertentu seperti madzhabnya Imam Syafi’i rahimahullaahu, tidaklah
selamanya ia harus mengikuti madzhab ini. Bahkan diperkenankan baginya untuk
pindah pada madzhab yang lain selain madzhab Syafi’i.
وَالْعَامِّيُّ
الَّذِيْ لَمْ يَكُنْ لَهُ نَظَرٌ وَاسْتِدْلَالٌ وَلَمْ يَقْرَأْ كِتَابًا فِيْ
فُرُوْعِ الْمَذْهَبِ إِذَا قَالَ: أَنَا شَافِعِيٌّ، لَمْ يُعْتَبَرْ هَذَا
كَذَلِكَ بِمُجَرَّدِ الْقَوْلِ،
Seorang awam yang tidak memiliki
kemampuan untuk melakukan pengkajian masalah dan istidlal (melakukan
pencarian sumber dalil) atau ia juga tidak memiliki kemampuan membaca sebuah
kitabpun yang ada sebagai referensi dalam sebuah madzhab, lantas ia mengatakan
bahwa saya adalah bermadzhab Syafi’i, maka pernyataan yang sedemikian itu
tidaklah absah sebagai pengakuan bilamana hanya sekedar ucapan belaka.
وَقِيْلَ:
إِذَا الْتَزَمَ الْعَامِّيُّ مَذْهَبًا مُعَيَّنًا يَلْزَمُهُ الْإِسْتِمْرَارُ
عَلَيْهِ لِأَنَّهُ إِعْتَقَدَ أَنَّ الْمَذْهَبَ الَّذِيْ اِنْتَسَبَ إِلَيْهِ
هُوَ الْحَقُّ، فَعَلَيْهِ الْوَفَاءُ بِمُوْجَبِ اعْتِقَادِهِ. وَلْلْمُقَلِّدِ
تَقْلِيْدُ غَيْرِ إِمَامِهِ فِيْ حَادِثَةٍ، فَلَهُ أَنْ يُقَلِّدَ إِمَامًا فِيْ
صَلَاةِ الظُّهْرِ مَثَلًا وَيُقَلِّدَ إِمَامًا آخَرَ فِيْ صَلَاةِ الْعَصْرِ.
Tetapi menurut sebuah pendapat yang
lain menyatakan bahwa ketika seorang awam itu konsisten mengikuti satu madzhab
tertentu maka wajiblah baginya untuk menetapkan madzhab pilihannya. Karena
jelas seorang awam itu meyakini bahwa madzhab yang ia pilih adalah madzhab yang
benar. Maka konsekuensi yang harus ia terima adalah wajib menjalankan apa yang
menjadi ketentuan madzhab yang ia yakini.
Bagi seseorang yang taqlid
boleh mengikuti selain imamnya dalam sebuah masalah yang timbul padanya.
Misalnya saja ia taqlid pada satu imam dalam melaksanakan shalat Dzuhur, dan ia
taqlid dan mengikuti imam lain dalam melaksanakan shalat Ashar.
وَالتَّقْلِيْدُ
بَعْدَ الْعَمَلِ جَائِزٌ، فَلَوْ صَلَّى شَافِعِيٌّ ظَنَّ صِحَّةَ صَلَاتِهِ
عَلَى مَذْهَبِهِ ثُمَّ تَبَيَّنَ بُطْلَانُهَا فِيْ مَذْهَبِهِ وَصِحَّتُهَا
عَلَى مَذْهَبِ غَيْرِهِ فَلَهُ تَقْلِيْدُهُ وَيَكْتَفِيْ بِتِلْكَ الصَّلَاةِ.
Jadi taqlid setelah selesainya
melakukan sebuah amal atau ibadah adalah boleh. Untuk memahami hal ini dapatlah
digambarkan sebuah masalah: “Bila seorang yang bermadzhab Syafi’i melakukan
shalat dan ia menyangka atas keabsahan shalatnya menurut pandangan madzhabnya,
ternyata kemudian menjadi jelas bahwa shalatnya adalah batal menurut madzhab
yang dianutnya dan sah bila menurut pendapat yang lain, maka baginya boleh
langsung taqlid pada madzhab lain yang mengesahkan shalatnya. Dengan demikian
cukup terpenuhilah kewajiban shalatnya.”
6. Pasal
Menjelaskan Perpecahan Umat Nabi Muhammad Saw. Menjadi 73 Sekte dan Penjelasan
tentang Pokok-pokok Sekte yang Sesat dan Penjelasan Golongan yang Selamat,
Yakni Ahlussunnah wal Jama’ah
)فَصْلٌ فِيْ بَيَانِ افْتِرَاقِ
أُمَّةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى ثَلَاثٍ وَسَبْعِيْنَ فِرْقَةً، وَبَيَانِ أُصُوْلِ الْفِرَقِ
الضَّالَّةِ وَبَيَانِ الْفِرْقَةِ النَّاجِيَةِ وَهُمْ أَهْلُ السُّنَّةِ وَالْجَمَاعَةِ(
رَوَى أَبُوْ
دَاوُدَ وَالتِّرْمِذِيُّ وَابْنُ مَاجَهْ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ
عَنْهُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:
اِفْتَرَقَتِ
الْيَهُوْدُ عَلَى إحْدَى وَسَبْعِيْنَ فِرْقَةً، وَتَفَرّقَتِ النَّصَارَى عَلَى
اِثْنَتَيْنِ وَسَبْعِينَ فِرْقَةً، وَتَفَرّقَتِ أُمّتِيْ عَلَى ثَلَاثٍ
وَسَبْعِيْنَ فِرْقَةً، كُلُّهَا فِي النَّارِ إِلَّا وَاحِدَةٌ، قَالُوْا: وَمَنْ
هُمْ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ قَالَ: هُمْ اَلَّذِيْ أَنَا عَلَيْهِ وَأَصْحَابِيْ.
Imam Abu Dawud, at-Tirmidzi
dan Ibnu Majah telah meriwayatkan sebuah hadits dari Abu Hurairah Ra.,
sesungguhnya Rasulullah Saw. bersabda: “Kaum Yahudi telah terpecah menjadi
71 golongan, dan kaum Nasrani terpecah menjadi 72 golongan, dan umatku akan
terpecah menjadi 73 golongan, semua golongan tersebut masuk neraka kecuali
hanya satu golongan saja. Para sahabat bertanya: “Siapa (satu golongan yang
selamat itu) wahai Rasulullah?” Rasulullah Saw. menjawab: “Golongan yang selamat
itu adalah kelompok yang komitmen dalam mengikutiku dan para sahabatku.”
قَالَ
الشِّهَابُ الْخَفَاجِيُّ رَحِمَهُ اللهُ تَعَالَى فِي نَسِيْمِ الرِّيَاضِ:
وَالْفِرْقَةُ النَّاجِيَةُ هُمْ أَهْلُ السُّنَّةِ وَالْجَمَاعَةِ.
Imam
Syihab Khafaji rahimahullah
berkata di dalam kitabnya Nasim ar-Riyadh: “Golongan yang
selamat itu adalah kelompok Ahlussunnah wal Jama’ah.”
وَفِيْ
حَاشِيَةِ الشَّنْوَانِيِّ عَلَى مُخْتَصَرِ ابْنِ أَبِيْ جَمْرَةَ: هُمْ أَبُو
الْحَسَنِ الْأَشْعَرِيُّ وَجَمَاعَتُهُ أَهْلُ السُّنَّةِ وَأَئِمَّةُ
الْعُلَمَاء، لِأَنَّ اللهَ تَعَالَى جَعَلَهُمْ حُجَّةً عَلَى خَلْقِهِ،
وَإِلَيْهِم تَفْزَعُ الْعَامَّةُ فِيْ دِيْنِهِمْ، وَهُمْ اَلْمَعْنِيُّوْنَ
بِقَوْلِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِنَّ اللهَ لَا يَجْمَعُ أُمَّتِيْ
عَلَى ضَلَالَةٍ.
Dalam kitab Hasyiyah asy-Syanwani
‘ala Mukhtashar Ibn Abi Jamrah dinyatakan bahwa golongan yang selamat
itu adalah mereka yang berafiliasi kepada Imam Abu al-Hasan al-Asy’ari dan
jamaahnya yaitu Ahlussunnah dan aimmatul ‘ulama. Karena Allah Ta’ala
telah menjadikan mereka sebagai hujjah bagi makhlukNya. Dan kepada
merekalah masyarakat memiliki kecondongan dalam mengembalikan berbagai
permasalahan agama mereka.
Golongan inilah yang dikehendaki
Rasulullah Saw. dengan sabda beliau: “Sesungguhnya Allah tidak akan mengumpulkan
ummatku untuk sepakat dalam berbuat kesesatan.”
قَالَ
الْإمَامُ أَبُوْ مَنْصُوْرِ بْنُ طَاهِرٍ اَلتَّمِيْمِيُّ فِيْ شَرْحِ هَذَا
الْحَديْثِ: قَدْ عَلِمَ أَصْحَابُ هَذِهِ الْمَقَالَاتِ أَنَّهُ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمْ يُرِدْ بِالْفِرَقِ
الْمَذْمُوْمَةِ اَلْمُخْتَلِفِيْنَ فِيْ فُرُوْعِ الْفِقْهِ مِنْ أَبْوَابِ
الْحَلَالِ وَالْحَرَامِ، وَإِنَّمَا قَصَدَ بِالذَّمِّ مَنْ خَالَفَ أَهْلَ
الْحَقِّ فِيْ أُصُوْلِ التَّوْحِيْدِ، وَفِيْ تَقْدِيْرِ الْخَيْرِ وَالشَّرِّ،
وَفِيْ شُرُوْطِ النُّبُوَّةِ وَالرِّسَالَةِ، وَفِيْ مُوَالَاةِ الصَّحَابَةِ
وَمَا جَرَى مَجْرَى هَذِهِ الْأَبْوَابِ، لِأَنَّ الْمُخْتَلِفِيْنَ فِيْهَا قَدْ
كَفَّرَ بَعْضُهُمْ بَعْضًا بِخِلَافِ النَّوْعِ الْأَوَّلِ، فَإِنَّهُمْ
اِخْتَلَفُوْا فِيْهِ مِنْ غَيْرِ تَكْفِيْرٍ وَلَا تَفْسِيْقٍ لِلْمُخَالِفِ
فِيْهِ، فَيُرْجَعُ تَأْوِيْلُ الْحَدِيْثِ فِي افْتِرَاقِ الْأُمَّةِ إِلَى هَذَا
النَّوْعِ مِنَ الْإِخْتِلَافِ.
Imam Abu Mansur bin Thahir at-Tamimi
dalam menjelaskan hadits ini mengemukakan: “Sungguh orang-orang yang
memiliki maqalah ini mengetahui bahwa Rasulullah Saw. tidak
bermaksud mengidentifikasi golongan yang tercela itu ditujukan kepada golongan
yang berselisih dalam menyikapi masalah-masalah fiqh yang bersifat furu’iyyah, yang
berkaitan dengan hukum halal dan haram. Akan tetapi beliau Saw. menghendaki
dengan pencelaan tersebut untuk orang yang menentang ahlul haq di
dalam permasalahan dasar-dasar tauhid, di dalam masalah taqdir baik
dan buruk, di dalam memberikan batasan-batasan/syarat-syarat kenabian dan
kerasulan, di dalam masalah bagaimana mencintai para sahabat, dan hal apa saja
yang berkaitan dengan masalah-masalah tersebut di atas. Karena mereka yang
berselisih dalam masalah-masalah ini telah saling mengkafirkan satu sama
lainnya. Berbeda dengan perselisihan yang terjadi pada golongan pertama. Mereka
berbeda pendapat dalam masalah-masalah fiqh tanpa mengkafirkan yang lain dan
tanpa menfasiq-kan golongan lain yang berbeda pendapat. Oleh karena itulah
interpretasi yang benar adalah disandarkan pada perbedaan-perbedaan pendapat
macam ini (perbedaan aqidah, bukan perbedaan furu’iyyah dalam fiqh).”
وَقَدْ
حَدَثَ فِيْ آخِرِ أَيَّامِ الصَّحَابَةِ خِلَافَ الْقَدَرِيَّةِ مِنْ مَعْبَدٍ
اَلْجُهَنِيّ وَأَتْبَاعِهِ، وَتَبَرَّأَ مِنْهُمْ اَلْمُتَأَخِّرُوْنَ مِنَ
الصَّحَابَةِ كَعَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ وَجَابِرٍ وَأَنَسٍ وَنَحْوِهِمْ رَضِيَ
اللهُ عَنْهُمْ أَجْمَعِيْنَ.
Pada masa akhir era sahabat
terjadilah perselisihan, yaitu Qodariyyah yang dicikalbakali oleh
Ma’bad al-Juhani dan para pengikutnya. Dalam perselisihan ini sejumlah
sahabat mutaakhirin berlepas tangan dari golongan tersebut, seperti Abdullah
bin Umar, Jabir, Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhum ajma’in dan
lain-lain.
ثُمَّ حَدَثَ
الْخِلَافُ بَعْدَ ذَلِكَ شَيْئًا شَيْئًا إِلَى أَنْ تَكَامَلَتْ اَلْفِرَقُ
الضَّالَّةُ اِثْنَيْنِ وَسَبْعِيْنَ فِرْقَةً، وَالثَّالِثَةُ وَالسَّبْعُوْنَ
هُمْ أَهْلُ السُّنَّةِ وَالْجَمَاعَةِ، وَهُمْ اَلْفِرَقُ النَّاجِيَةُ
Setelah itu, bermuncullah perbedaan-perbedaan
pendapat, dan sedikit demi sedikit hingga sempurnalah perpecahan di antara
ummat Islam itu menjadi 72 golongan yang sesat, dan golongan yang ke 73 adalah
Ahlussunnah wal Jama’ah sebagai kelompok yang selamat.
فَإِنْ
قِيْلَ: هَذِهِ الْفِرَقُ مَعْرُوْفَةٌ؟ فَالْجَوَابُ: إِنَّا نَعْرِفُ
الْإِفْتِرَاقَ وَأُصُوْلَ الْفِرَقِ، وَأَنَّ كُلَّ طَائِفَةٍ مِنَ الْفِرَقِ
اِنْقَسَمَتْ إِلَى فِرَقٍ وَإِنْ لَمْ نُحِطْ بِأَسْمَاءِ تِلْكَ الْفِرَقِ
وَمَذَاهِبِهَا.
Jika ditanyakan: “Apakah
sekte-sekte itu kesemuanya diketahui dan populer di tengah-tengah kita?”
Maka jawabannya: “Kita mengetahui perpecahan dan pokok-pokok sekte-sekte
tersebut, dan kita mengetahui setiap kelompok dari sekte-sekte tersebut
terbagi lagi dalam beberapa kelompok, walaupun secara detail kita tidak
mengetahui nama dari masing-masing sekte itu sekaligus madzhab yang mereka anut
masing-masing.”
وَأُصُوْلُ
الْفِرَقِ اَلْحَرُوْرِيَّةُ، وَالْقَدَرِيَّةُ، وَالْجَهْمِيَّةُ،
وَالْمُرْجِئَةُ، وَالرَّافِضَةُ، وَالْجَبَرِيَّةُ. وَقَدْ قَالَ بَعْضُ أَهْلِ
الْعِلْمِ رَحِمَهُمُ اللهُ تَعَالَى: أُصُوْلُ الْفِرَقِ الضَّالَّةِ هَذِهِ
السِّتُّ، وَقَدْ اِنْقَسَمَتْ كُلُّ فِرْقَةٍ مِنْهَا اِثْنَتَيْ عَشْرَةَ
فِرْقَةً فَصَارَتْ إِلَى اثْنَتَيْنِ وَسَبْعِيْنَ فِرْقَةً.
Pokok-pokok sekte tersebut
ialah golongan Haruriyah, Qadariyah, Jahmiyah, Murji’ah, Rafidhah dan
Jabariyah. Sebagian dari ahli ilmu menegaskan bahwa pokok-pokok sekte yang
sesat adalah enam golongan tersebut. Masing-masing dari 6 kelompok terpecah
menjadi 12 sekte hingga terhitunglah jumlah menjadi 72 sekte.
قَالَ ابْنُ
رُسْلَانَ رَحِمَهُ اللهُ تَعَالَى: قِيْلَ إِنَّ تَفْصِيْلَهَا عِشْرُوْنَ،
مِنْهُمْ رَوَافِضُ، وَعِشْرُوْنَ مِنْهُمْ خَوَارِجُ، وَعِشْرُوْنَ قَدَرِيَّةٌ،
وَسَبْعَةٌ مُرْجِئَةٌ، وَفِرْقَةٌ نَجَّارِيَّةٌ، وَهُمْ أَكْثَرُ مِنْ عَشْرِ
فِرَقٍ وَلَكِنْ يُعَدُّوْنَ وَاحِدَةً، وَفِرْقَةٌ حَرُوْرِيَّةٌ، وَفِرْقَةٌ
جَهْمِيَّةٌ، وَثَلَاثُ فِرَقٍ كَرَّامِيَّةٌ، فَهِذهِ اِثْنَتَانِ وَسَبْعُوْنَ
فِرْقَةً.
Imam Ibnu Ruslan rahimahullaah berkata:
“Sebuah pendapat mengemukakan bahwa secara rinci golongan-golongan tersebut
dapat diklasifikasikan menjadi 20 golongan. Diantara mereka termasuk
golongan Rawafidh (Rafidhah), 20 sekte golongan Khawarij,
20 golongan Qadariyah, 7 golongan Murji’ah dan satu
golongan Najjariyah. Masing-masing itupun tersekat-sekat menjadi
lebih dari 10 golongan, tetapi perpecahan kelompok-kelompok itu hanya dihitung
sebagai satu sekte, dan satu golongan Haruriyah, dan satu golongan Jahmiyah,
dan 3 golongan Karramiyah. Dari rincian inilah secara keseluruhan
terhitung jumlah sekte adalah 72 golongan.
وَاللهُ
أَعْلَمُ بِالصَّوَابِ
***
_______________________________________
Sumber Penulisan: Irsyad
as-Sari fi Jam’ Muallafat asy-Syaikh Hasyim Asy’ari halaman 5-24 oleh Gus Ishom
(KH. Ishomuddin Hadziq) cucu Hadhratus Syaikh KH. Hasyim Asy’ari. Dan
dialihbahasakan oleh KH. Abdullah Afif Pekalongan pada tanggal 21 Syawwal 1434
H/28 Agustus 2013 M.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar